TERKUAK !! Inilah Alasan Nasa Meluncurkan Roket ke Planet Mars, Ternyata untuk...



Sempat menjadi pemberitaan terhangat mengenai Nasa yang telah meluncurkan misi antarplanet, InSight. Jika misi perjalanan ini lancar, maka wahana luar angkasa diperkirakan akan mendarat di Mars dalam tujuh bulan mendatang, yakni tepat pada tanggal 26 November 2018. 

InSight yang meluncur dengan roket Atlas 5. mempunyai misi khusus untuk menyelidiki bagian dalam planet Mars. dengan cara melakukan penggalian, sehingga memberi gambaran tentang ukuran inti, kondisi mantel planet mars, serta kerak Planet tersebut. dan hasilnya akan dibandingkan dengan yang ada di Bumi. 

"Ini begitu penting bagi kita untuk memahami asal mula sistem tata surya," Ucap Jim Green,  sebelum peluncuran misi Mars itu, Kamis (3/5) seperti dikutip Space.com terbitan CNN. 



Misi ke luar angkasa seringkali dikaitkan dengan pencarian pengetahuan soal pentingnya mengetahui asal mula alam semesta. 


Namun, mengetahui asal mula alam semesta menjadi bagian yang  penting dan menghabiskan dana yang sangat besar? Untuk misi InStelar ini, pemerintah AS menghabiskan dana US$814 juta atau setara (Rp11,4 miliar).

Ekplorasi dan pengetahuan

NASA menjelaskan bahwa investasi yang begitu besar sebagai eksplorasi ruang angkasa ini penting untuk memenuhi hasrat eksplorasi manusia. Dikarenakan, dengan eksplorasilah maka peradaban manusia muncul seperti saat ini. 

Berkat eksplorasi, peradaban manusia menyadari bahwa bumi tidak datar (Flat earth) melainkan bulat. dan Berkat ekplorasi pula teknologi berkembang, obat-obatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit pun ditemukan.



"Inilah bagaimana kita membangun peradaban saat ini," Tulis NASA di laman Resmi Origin.

Saat ini, ada beberapa teori soal penciptaan alam semesta, namun untuk membuktikan teori yang paling tepat butuh pembuktian. Oleh karena itu yang mendorong proyek-proyek pencarian kebenaran ini dilakukan. 

"Mencari petunjuk mengenai alam semesta dan kehidupan. akan mengubah cara manusia berpikir mengenai alam semesta dan tempat di dalamnya," Ucap Administrator NASA, Dan Goldin. 

Saat dihubungkan dengan asal muasal Amerika Serikat, negara yang agresif dengan inisiatif misi antariksa itu menyebut bahwa itu adalah bagian dari insting eksplorasi yang membentuk negara tersebut.

"Amerika menanggung resiko, resiko yang besar. kita sebagai negara tidak hanya memberi makan warga. Asal muasal kita menyebut adalah penting untuk menambahkan total pengetahuan umat manusia. Sehingga kita sebagai negara mengeksplorasi. Kita menemukan karena kita mencari. Apakah mudah atau sulit, kita akan membuka misteri alam semesta dan menwariskannya ke anak cucu, hadiah pengetahuan," tambah meneruskan pembicaraan Goldin.

Sehingga manusia tidak hanya mengembangkan pemikirannya yang sempit, tapi mampu menemukan konsep yang jauh lebih besar. 



Menjawab pertanyaan

Misi-misi ini juga untuk menjawab lima pertanyaan penting dan mencoba membuktikannya.
- Dari mana manusia berasal? 
- Bagaimana takdir manusia?
- Apakah kita sendiri di alam semesta?
- Apakah ada bintang lain yang bisa mendukung kehidupan?
- Apakah kehidupan bisa bertahan di luar tata surya?

Sehingga pencarian ini adalah pencapaian diluar kebutuhan dasar manusia, yaitu udara, air, nutrisi, dan energi. Tapi ada banyak faktor non-esensi yang juga penting seperti pendidikan, seni, musik, literatur, olahraga. Eksplorasi ruang angkasa ada di kategori yang kedua. 

Artikel ini di kutip dari CNN Indonesia. 
Labels: angkasa, terkini, viral

Thanks for reading TERKUAK !! Inilah Alasan Nasa Meluncurkan Roket ke Planet Mars, Ternyata untuk.... Please share...!

0 Comment for "TERKUAK !! Inilah Alasan Nasa Meluncurkan Roket ke Planet Mars, Ternyata untuk..."

Back To Top